faq

FAQs
Frequent Questions

1. Apa itu Sapa Qurban?

Sapa Qurban adalah cara baru berqurban yang mudah dan penuh manfaat di tengah Pandemi Covid-19, dimana proses pemilihan tipe hewan sangat mudah dilakukan oleh pequrban bahkan hanya dengan berdiam di rumah.

Kemudahan dari mulai pemilihan tipe hewan hingga penyaluran daging hewan qurban kepada penerima manfaat. Selain itu, pequrban dapat menerima dokumentasi dan laporan Qurban meski “di rumah saja”.

Program ini menitik beratkan pada pengoptimalan daging qurban Anda untuk kebermanfaatan bagi umat. Kami akan membantu mengolah daging Qurban Anda menjadi makanan olahan berupa “Rendang dalam Kaleng” yang siap saji. Sehingga dapat membantu “ketahanan pangan” masyarakat yang membutuhkan di tengah pandemi ini. Kami berharap, dengan program ini, ibadah qurban Anda dapat bernilai lebih dari sekedar ibadah tahunan, namun juga mendapatkan keberkahan dalam waktu yang panjang. Karena daging qurban dapat disimpan oleh penerima manfaat dalam waktu yang cukup panjang (hingga 3 tahun) meskipun tidak memiliki lemari pendingin.

Sapa Qurban: “Solusi ibadah qurban dengan cara Baru, Mudah dan Bermanfaat

2. Kenapa dibuat program Sapa Qurban?

Kami menyadari bahwa keterbatasan ruang gerak para calon pequrban di masa pandemi ini, menjadi kendala dalam ibadah qurban nantinya. Terlebih telah dikeluarkannya peraturan dari pihak berwenang, bahwa lokasi-lokasi tempat penjualan dan penyembelihan hewan qurban mulai dibatasi agar tidak terjadi kerumunan yang dapat berpotensi meningkatkan penyebaran virus Covid-19.

Maka dari itu, kami memberikan solusi ibadah qurban Anda dengan kemudahan memilih tipe hewan qurban melalui media online, gratis pemeliharaan hewan, dokumentasi foto dan video penyembelihan hewan, penyaluran daging kurban kepada penerima manfaat, dan kemudahan lainnya.

Sehingga Anda tetap dapat melaksanakan ibadah qurban dengan aman, nyaman, dan penuh barokah.

3. Apakah Program Sapa Qurban diperbolehkan dalam Syariat Islam?

InsyaAllah program Sapa qurban sesuai dengan syariat qurban yang berlaku, yaitu berdasarkan hadist nabi yang memperbolehkan menyimpan daging qurban setelah hari Tasyriq yang ketiga (tanggal 13 Dzulhijjah)

Hadis dari Salamah bin al-Akwa’ radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘aliahi wa sallam bersabda:

Barangsiapa yang menyembelih hewan qurban, janganlah dia menyisakan sedikitpun dagingnya di dalam rumahnya setelah hari (Tasyriq) yang ketiga (tanggal 13 Dzulhijjah, pent).” Ketika tiba hari raya qurban tahun berikutnya, mereka (para sahabat) bertanya; “Wahai Rasulullah, apakah kami melakukan sebagaimana tahun lalu?” Beliu menjawab: “(Tidak), untuk sekarang, silahkan kalian makan, berikan kepada yang lain, dan silahkan menyimpannya. Karena sesungguhnya pada tahun lalu manusia ditimpa kesulitan (kelaparan), sehingga aku ingin kalian membantu mereka (yang membutuhkan makanan, pent)”. (HR. Bukhari no. 5249, dan Muslim no.1974).

4. Apakah hewan qurbannya memenuhi syarat dan sehat?

InsyaAllah kami selalu menyediakan Hewan Qurban yang memenuhi syarat dan sehat. Kami telah memiliki SKKH (Surat Keterangan Kesehatan Hewan) dan keterangan bebas Antrax.

5. Jenis hewan apa yang digunakan oleh Sapa Qurban untuk berqurban?

Saat ini Sapa Qurban melayani pengolahan daging Qurban Sapi dan Kambing. Sapi yang digunakan adalah jenis sapi Bali. Serta kambing yang digunakan adalah kambing digul dan tanduk

6. Berapa harga hewan qurbannya?

Berikut adalah daftar harga Sapa Qurban

Butuh Bantuan? Mulai Obrolan